WhatsApp

Apa Itu Inklusi dan Metode Pembelajaran yang Dilakukan?

15 Februari 2022
Apa Itu Inklusi dan Metode Pembelajaran yang Dilakukan?

Sebagian orang tua masih belum paham tentang apa itu inklusi dan bagaimana metode pembelajaran yang dilakukan di sekolah inklusi. Jenis sekolah yang satu ini memang tergolong baru di Indonesia dan baru tren belakangan ini. Maka, tak heran jika ada orang tua yang belum mengenal sekolah inklusi. Selain itu, sekolah inklusi umumnya hanya ada di kota-kota besar.

Itulah sebabnya masih banyak orang tua yang belum mengetahuinya sehingga mereka juga tidak tertarik menyekolahkan anaknya di sekolah inklusi. Padahal, sekolah ini bisa menjadi landasan yang kuat untuk membentuk karakter anak dan mengembangkan bakat yang mereka miliki. Jika bersekolah di sekolah umum, anak cenderung sulit berkembang karena dipaksa menguasai semua bidang.

 

Mengenal lebih dalam apa itu inklusi

Pengertian inklusi yaitu sebuah pendekatan untuk membangun lingkungan yang terbuka untuk siapa saja dengan latar belakang dan kondisi yang berbeda-beda. Hal itu meliputi karakter, kondisi fisik, kepribadian, status, suku, budaya dan lain sebagainya. Lalu apa itu sekolah inklusi?

 

A. Pengertian Sekolah Inklusi

Sekolah inklusi adalah salah satu jenis pendidikan yang memberi kesempatan bagi setiap anak untuk mendapatkan pendidikan yang layak. Sekolah inklusi memungkinkan anak berkebutuhan khusus juga melakukan kegiatan belajar bersama teman-teman lainnya. Namun, ada perbedaan metode pengajaran yang dilakukan pada anak normal dengan anak berkebutuhan khusus. 

Sekolah inklusi juga sangat mendukung pengembangan bakat anak karena setiap anak memiliki bakat yang unik dan berbeda-beda. Konsep tentang apa itu inklusi sebenarnya bisa diterapkan pada sekolah negeri/swasta reguler, tetapi tidak semuanya mendukung hal tersebut.

 

B. Metode Belajar Sekolah Inklusi

Metode belajar yang dilakukan di sekolah inklusi biasanya sangat bervariasi dan kolaboratif. Artinya, setiap langkah yang dilakukan disesuaikan dengan karakter dan bakat yang dimiliki oleh setiap anak. Jika pada pendidikan konvensional anak dipaksa menguasai semua pelajaran, sekolah inklusi justru lebih fokus pada potensi bakat pada anak. Jadi, ada banyak sekali jenis kegiatan yang dilakukan di sekolah inklusi.

Selanjutnya, orang tua juga perlu tahu aspek-aspek penting dari sebuah sekolah dan bagaimana penerapannya di sekolah inklusi.

  1. Kurikulum: menerapkan kurikulum sesuai konsep apa itu inklusi meliputi perencanaan, pengembangan, pelaksanaan, dan modifikasi PPI.

  2. Tenaga Pendidik: harus paham bagaimana cara menangani anak berkebutuhan khusus (ABK), meliputi kompetensi teknis dan kolaboratif.

  3. Manajemen: mengedepankan prinsip-prinsip kebiasaan berbicara berdasarkan fakta, sikap menghargai orang lain, melakukan perbaikan terus-menerus, dan melaksanakan fungsi sesuai pembagian tugas.

  4. Dana: aspek yang sangat penting untuk menunjang kegiatan belajar mengajar agar bisa lebih optimal.

  5. Sarana dan Prasarana: meliputi fasilitas dan perlengkapan yang disesuaikan untuk anak normal maupun ABK.

  6. Lingkungan: perlu dilakukan sosialisasi untuk memperkenalkan konsep sekolah inklusi pada masyarakat.

  7. Peserta Didik: terdiri dari anak-anak biasa pada umumnya dan anak dengan disabilitas (AdD) atau anak berkebutuhan khusus (ABK).

  8. Proses Belajar Mengajar: menggunakan metode pengajaran langsung, tim/kelompok, intervensi strategi, dan lain-lain

Pilihlah sekolah inklusi yang menerapkan standar dan konsep inklusif dengan baik. Pertama, sekolah inklusi memberikan kesempatan yang sama antara anak normal dengan ABK. Kedua, setiap peserta didik boleh menggunakan fasilitas sekolah untuk mendukung minat dan bakatnya. Ketiga, komunikasi antar peserta didik dan tenaga pendidik terjalin dengan baik.

Ketiga hal tersebut merupakan dasar dan konsep dari apa itu inklusi dan sekolah inklusi. Anda bisa memilih sekolah inklusi terbaik yang jenjangnya lengkap dari SD sampai SMA. Untuk mendapatkan gambaran yang lebih lengkap, Anda bisa mengunjungi website sekolah yang dimaksud dan lebih banyak menggali informasi tentang jenis sekolah ini.

Sumber : Cherish Academy

Penulis

Admin
  • Share: